Mahasiswa Baru Unpand Terus Meningkat

54
SERIUS MENYIMAK: Maba Unpand belum lama ini mengikuti pengenalan kampus di kelas dibimbing dosen dan dinas terkait. FOTO: TIM JATENGNEWS.NET

SEMARANG-Tiap tahun Universitas Pandanaran (Unpand) di Jalan Banjarsari Barat No 1 Tembalang jumlah mahasiswa baru (maba) terus meningkat. Tahun akademik 2017/2018 mengalami peningkatan seiring kebutuhan SDM dalam dunia kerja.

Ketua PMB Unpand, Ir Esti Yulitriani MT menuturkan, jumlah maba saat ini memang terus bertambah dan tiap tahun mengalami peningkatan. “Kita bahkan masih membuka gelombang empat dengan proses penyaringan menggunakan ujian tertulis yang dilaksanakan sabtu (30/9) lalu pukul 10.00,” ucapnya.

Menurutnya, ujian tertulis juga ketat, materi tes periode ini meliputi  Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, PKN sebagai materi wajib atau pokok sedangkan materi  IPA atau  IPS tergantung program studi yang dipilih.

Terpisah, upacara penerimaan mahasiswa baru (PMB) Unpand juga sudah berlangsung. Upacara PMB juga dihadiri Ketua Yayasan Abdi Masyarakat Dra Harini Krisniati MM. “Upacara PMB tahun ini lebih komprehenship dengan melakukan pengenalan kehidupan kampus selama tiga hari. Kemarin juga ada materi wawasan kebangsaan narasumber dari dinas terkait,” jelas Harini.

Dikatakan, dari  awal berdiri PMB memang tidak pernah ada ospek yang bernuansa kekerasan. Kemarin juga ada bakti sosial maba dan pertunjukan UKM musik. “Ini program lanjutan dies natalis ke-21 Unpand,” jelasnya. Rektor Unpand Ir S Djoko Saryono MSc menambahkan, kesuksesan mahasiswa tak hanya ditentukan dari tingginya IPK namun juga karakter dan skill. “Selain itu juga berkompetisi di ranah regional, nasional dan bahkan Asean atau internasional,” pungkasnya. (04)