Stiepari – Pemkab Nias Selatan Bersinergi

41

SEMARANG-Tahun2017 ini, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia (Stiepari) siap dukung pengembangan pariwisata di Kabupaten Nias Selatan Sumatera Utara. Banyak pariwisata di kota tersebut belum banyak dipromosikan sehingga butuh SDM yang siap membantu. “Tahun ini kita menerima 37 mahasiswa baru beasiswa Pemkab Nias Selatan yang siap kita didik. Mereka kuliah di sini selama empat tahun mengambil S1 Pariwisata, dan lulus akan dikembalikan membantu Pemkab Nias Selatan demi mendukung Kementerian Pariwisata,” jelas

Ketua Stiepari, RenyApriliani saat serah terima 37 mahasiswa baru dari Pemkab Nias di Kampus Bendhan Ngisor, belum lama ini. Serah terima juga dihadiri Kabid Paud dan Pendidikan Non Formal Kabupaten Nias Selatan Senimas Duha, Ketua Yayasan Triviaca Stiepari Dr Bambang Dwiloka (BDL), Pembina Yayasan Prof Dr Dr Soetomo dan jajarannya.

Reny mengaku, selama ini pihaknya melihat Kabupaten Nias punya potensi untuk kepariwisataannya. Waktu itu bersama jajarannya juga pernah berkunjung di Kabupaten Nias. “Dan ternyata benar, pemerintah di sana mengaku bahwa Nias promosi kepariwisataannya kurang. Padahal selama ini kementerian pariwisata sudah giat banyak promosi,” jelasnya.

Hal ini diakui Senimas Duha pejabat dari Kabupaten Nias Selatan, wilayahnya potensi wisatanya banyak yang belum terpromosi. Penduduk dalam provinsi juga jarang datang dan justru yang berkunjung dari mancanegara. “Kami sengaja mengirim beasiswa 37 mahasiswa baru sudah diseleksi untuk dididik,” jelasnya.

Bambang menambahkan, pihaknya juga mendukung Kemenpar RI karena selama ini Stiepari juga sering diundang dan ambil bagian dalam acara Kemenpar. “Yang jelas kita siap bantu soal SDM,” pungkasnya. (04)