IZI Jateng Ajak Berzakat di Zakatpedia.com

56

SEMARANG-Sebuah lembaga sosial yakni Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) saat ini terus gencar melakukan kegiatan tentang zakat kepada masyarakat muslim di Indonesia. Salah satunya dengan mengajak masyarakat untuk membayar zakat bisa lewat online melalui zakatpedia.com. Sejak diluncurkan Juni 2017 sampai sekarang, sudah ada 843 donatur yang menggunakannya untuk membayar zakat.

Djoko Adi, Kepala Kantor Perwakilan IZI Jateng mengatakan, dengan zakatpedia.com ini memudahkan para donatur untuk membayarkan zakatnya di manapun dan kapanpun 24 jam. Dari sebagian besar yang menggunakan zakatpedia.com selama ini para adalah donatur-donatur baru di luar donatur rutin. “Mudah-mudahan ini ikhtiar kami dalam mengedukasi zakat lebih optimal,” katanya saat membayar zakat lewat zakatpedia.com di Semarang, kemarin.

Djoko menjelaskan, potensi zakat di Jateng sejak tahun 2016 ada Rp 14 trliun, sementara di  Kota Semarang mencapai Rp 400 miliar. Namun jika digabungkan semua lembaga zakat masih diangka Rp 200 miliar setahun.”Tren lembaga zakat meningkat setiap tahun diangka Rp 1 miliar karena semakin banyak lembaga zakat justru akan mengedukasi masyarakat dan berlomba melakukan edukasi,” ucapnya.

Di sisi lain, lanjutnya, lembaga zakat mempunyai tantangan yakni belum banyak muzakki atau orang yang dikenai kewajiban membayar zakat atas kepemilikan harta yang telah mencapai nishab percaya penuh dengan lembaga zakat dan memilih percaya memberikan langsung kepada penerima zakat. “Lembaga zakat bertanggng jawab meningkatkan akuntabilitas dan diaudit secara keuangan dan syariah. Kemenag pun memastikan lembaga zakat menyalurkannya ke delapan golongan sudah tepat apa belum, kalau belum akan ada teguruan,” paparnya.(04)