SEMARANG-Prestasi di bidang seni musik marching band SD Negeri 01 Ngaliyan (kampus) memang tak perlu diragukan. Banyak orang memuji kehebatan siswanya yang tekun dan semangat. Entah apa rahasianya, yang jelas sudah empat kali juara dan marching band yang diberi nama “gita swara” kini kembali maju tingkat nasional rebutkan piala Raja Hamengkubuwono Cup dan Grand Prix Junior Band 2017.

Kepsek SDN 01 Ngaliyan, Nurlaini Purwaningsih mengatakan, untuk bisa eksis dan konsisten selalu mentargetkan juara, siswa harus ikut ekstra unggulan marching band tanpa henti dari kelas 4-6. “Di kami untuk bisa mendapatkan generasi siswa yang pandai marching band, pihak sekolah terus mencari bibit siswa mulai kelas 4,5 dan 6 dan diseleksi,” jelasnya.

Nurlaini mengatakan, tidak hanya itu keberhasilan siswa juga tidak lepas dari dukungan orangtua siswa. Karena ikut ekstra unggulan marching band biayanya juga tidak murah, namun ini berharga bagi siswa tersebut karena ia juga akan mendapatkan sertifikat penghargaan. “Alhamdulillah para orangtua siswa juga banyak mendukung,” jelasnya.

Sementara Kadinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin MPd yang juga hadir mewakili Walikota Semarang Hendrar Prihadi ikut menyaksikan konser pamitan juga mengapresiasi. Dirinya senang melihat prestasi siswa SDN 01 Ngaliyan (kampus) atas kehebatan marching bandnya sulit tertandingi. ”Kami terus dukung prestasi siswa dan akan men-support mereka. Karena mempertahankan juara juga tidak mudah,” urainya.

Ketua Panitia Konser Pamitan, Jodi Winarno mengatakan, penampilan ini tujuannya hanya pamitan karena siswa akan ke Yogyakarya maju tingkat nasional. Mereka minta dukungan dan doa restu ke orangtua, masyarakat dan para pelatih,” pungkasnya didampingi Bagiyo, salah satu orangtua siswa yang sangat perhatian dan peduli,” pungkasnya. (04)