Sambut Reuni Akbar 2017, Aljiro Gelar Pemeriksaan Mata Gratis

46
BANTUAN - Ketua Panitia Pelaksana Reuni Akbar SMAN 1 Semarang Sudarmono D Nugroho (bertopi) bersama anggota, berfoto bersama guru dan siswa seusai penyerahan secara simbolis bantuan kacamata, dalam kegiatan bhakti masyarakat pemeriksaan mata gratis di SDN Palebon 03 Semarang Fahrurrozi t, Sabtu (21/10). Foto R01

SEMARANG – Kegiatan bhakti masyarakat pemeriksaan mata gratis, yang digelar Alumni SMA Negeri I dan II Kota Semarang (Aljiro) mengawali rangkaian kegiatan Reuni Akbar 2017 sekaligus HUT ke-67 SMAN I Semarang. Acara yang digelar di SDN Palebon 03 Semarang, Sabtu (21/10) lalu, disambut antusias oleh ratusan siswa sekolah dasar yang terletak di Jalan Brigjend Sudiarto No 330, Palebon, Pedurungan.

Pemeriksaan mata yang bekerjasama dengan Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami) Jateng tersebut, juga menjadi bagian dari kepedulian sosial Aljiro kepada masyarakat, khususnya bagi siswa SD.

“Kita sangat senang dan berterima kasih dengan kepedulian yang ditunjukan Aljiro. Kita harapkan pemeriksaan ini juga bisa membantu para siswa, untuk mengetahui kondisi ksehatan mata masing masing,” papar Kepsek SDN Palebon 03 Semarang Fahrurrozi, disela kegiatan.

Diterangkan, selama ini masih banyak siswa yang relatif belum tahu tentang kesehatan mata mereka. Termasuk kepedulian dari orang tua, untuk secara rutin melakukan pemeriksaan mata bagi anak mereka. “Kita harapkan dengan kegiatan ini, kesadaran mereka untuk menjaga kesehatan mata juga meningkat. Terlebih bagi yang sering bermain menggunakan handphone atau menonton televisi terlalu dekat, rata-rata kesehatan mata mereka menurun,” tambahnya.

Ketua Panitia Pelaksana Reuni Akbar Sudarmono D Nugroho menerangkan, acara tersebut sebagai rangkaian untuk menyambut reuni akbar ketiga tahun 2017, sekaligus memperingati HUT ke-67 SMAN I Semarang. “Kita dari pantia reuni yang dipercayakan kepada alumni angkatan 1981, menyelenggarakan beragam kegiatan untuk menyemarakkan acara. Salah satunya, bhakti masyarakat berupa pemeriksaan mata gratis bagi siswa di SDN Palebon 03 Semarang,” paparnya.

Diterangkan, pemeriksaan mata tersebut juga menjadi bagian dari upaya untuk mengedukasi siswa, agar mereka selalu menjaga kesehatan, termasuk mata. “Masih banyak siswa yang tidak tahu dan tidak sadar kalau pandangan mata mereka tidak tajam, buram atau kurang fokus, itu karena mereka membutuhkan kacamata sebagai alat bantu,” tambahnya.

Sudarmono menambahkan, jika dalam pemeriksaan mata tersebut ditemukan siswa yang mengalami penurunan kualitas pandangan mata, pihaknya juga memberikan bantuan berupa kacamata gratis sebanyak 30 buah.

Beragam Kegiatan

Semarak peringatan HUT SMAN 1 Semarang sekaligus Reuni Akbar 2017, yang diikuti angkatan 1950-2017 ini juga akan diisi dengan sejumlah kegiatan lainnya. Pada tanggal 3 November di Aula Besar SMAN 1 Semarang mulai pukul 14.00 WIB, akan dilaksanakan kegiatan dialog bersama alumni, yang direncanakan akan menghadirkan sejumlah alumni yang kini sudah berhasil atau menjabat.

Pada malam harinya, kegiatan dilanjutkan dengan Aljiro Night Culture dengan mengangkat tema dan kreasi dari Ki Narto Sabdo. Sosok ini merupakan budayawan dan seniman kondang dari Semarang. “Ini juga menjadi upaya kita untuk nguri-nguri sekaligus memperkenalkan karyanya kepada para generasi muda,” papar Sudarmono, didampingi Sekretaris Panitia Pelaksana Ida Parwati.

Sementara pada 4 November, dilaksanakan kegiatan malam keakraban lintas angkatan yang akan diikuti sebanyak 2.700 alumni. Peringatan HUT dan Reuni Akbar 2017, akan ditutup dengan jalan sehat atau fun walk berkeliling Simpanglima dengan start mulai dari SMAN 1 Semarang, pada 5 November yang diharapkan akan diikuti sebanyak 2.500 peserta. R01