Akfar Nusaputera Peringati Sumpah Pemuda di Kebonharjo

106

SEMARANG-Memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober kemarin malam, Kampus Akademi Farmasi (Akfar) Nusaputera bersama Komunitas Mengajar Sore Hari Undip dan Karangtaruna Kampung Kebonharjo RT 06/RW08 membuat acara menarik. Di antaranya kegiatan yang berkaitan dengan semangat Sumpah Pemuda.

Meliputi pembacaan ikrar Sumpah Pemuda, Musikalisasi Puisi, Nonbar Film Sokola Romba dan Pentas Seni. Tema kegiatan yakni “Melalui Sumpah Pemuda, Wujudkan Generasi Pelurus Bangsa yang Aktif, Berkarakter dan Berperstasi”.

Dosen Akfar Nusaputera, Sri Suwarni MSc Apt mengatakan, sebagai generasi muda di dunia akademisi melakukan acara pembacaan ikrar Sumpah Pemuda merupakan hal yang wajib dan siapa lagi yang akan peduli kalau tidak dari akademisi. “Yang kita lakukan sengaja ingin mengenang jasa para pemuda yang telah gugur. Harapannya dengan mengetahui dan melafalkan ikrar Sumpah Pemuda, para generasi muda diharapkan ingat dan mampu meneruskan serta tetap menjunjung tinggi tanah air, bangsa dan bahasa Indonesia,” cetusnya.

Menurut Suwarni, pihaknya memang mengadakan kegiatan Sumpah Pemuda langsung terjun ke masyarakat supaya bisa mengena langsung. Sangat menarik dan menyentuh hadi suasana malam itu, apalagi juga dihadiri lurah dan ketua RW setempat. “Ikrar Sumpah Pemuda kemarin malam dipimpin Mutia dan Daniel Abednego serta diikuti peserta,” jelasnya.

Pada malam Hari Sumpah Pemuda juga diadakan musikalisasi puisi oleh Komunitas Mengajar Sore Hore Undip dan dilanjutkan dengan menonoton film Sokola Rimba menceritakan tentang perjuangan seorang anak bernama Bungo yang ingin belajar membaca dengan guru bernama Butet. Mereka tidak direstui oleh masyarakat Kelompok Rombong Bungo yang masih percaya bahwa belajar membaca merupakan malapetaka bagi mereka. “Acaranya menarik dan mengesankan, terima kasih Akfar Nusaputera,” sanjung Rahmat, warga Kebonharjo. (04)