Talent Hunt SMP Kebon Dalem Semarang Asah Kreativitas Siswa

21
BERBINCANG - Kepala Sekolah SMP Kebon Dalem Sr Theresia Ratna Dewi PI saat berbincang dengan siswa dan guru mengenai penelitian yang dilakukan, dalam kegiatan Talent Hunt 2017, yang digelar di sekolah tersebut, Jalan Gg Pinggir No 62, Kranggan, kemarin. Foto R01

KRANGGAN – Indonesia kaya akan rempah rempah. Tidak hanya menjadi bumbu masakan atau minuman, rempah ini juga mampu diolah sebagai obat herbal. Hal ini coba ditunjukkan tim siswa SMP Kebon Dalem Semarang, dengan memanfaatkan cengkeh sebagai minyak angin. Tidak hanya mampu menghilangkan masuk angin, namun juga meredakan gatal akibat gigitan serangga.

“Cengkeh dipercaya mampu mengobati masuk angin hingga mengurangi rasa gatal, akibat gigitan serangga. Dari referensi buku yang kami baca, minyak cengkeh mengandung senyawa seperti eugenol, hingga transkaryofilen, yang menghasilkan rasa panas sehingga mampu menghangatkan tubuh. Rasa panas ini juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa gatal,”papar siswa SMP Kebon Dalem Michelle Stacya, bersama anggota tim lainnya yakni  Christian Elbert, Jonathan Vincent dan Cathabel Wong, disela kegiatan Talent Hunt 2017, yang digelar di sekolah tersebut, Jalan Gg Pinggir No 62, Kranggan, kemarin.

Diterangkan, dalam pembuatan minyak cengkeh atau clove oil tersebut, tidak hanya menggunakan bahan baku cengkeh, namun juga dicampur dengan minyak zaitun dan menthol.”Kita pilih cengkeh, karena memiliki sifat hangat atau panas, serta didukung dengan aroma yang khas sehingga dapat menimbulkan rasa nyaman bagai pemakainya,” tambahnya.

Pembuatannya pun cukup sederhana. Bunga cengkeh ditumbuk hingga halus, sebelum kemudian dicampur bersama bahan lainnya. Setelah itu dikemas dalam wadah yang sudah disiapkan. Penggunaannya pun cukup dengan mengoleskannya kepada bagian tubuh yang diinginkan.

Clove Oil atau minyak cengkeh tersebut merupakan satu dari sebanyak 18 penelitian science project yang dikerjakan siswa SMP Kebon Dalem Semarang, dalam helatan Tallent Hunt 2017. Selain eksak atau IPA, juga turut ditampilkan penelitian di bidang bahasa, seni budaya dan IPS. Termasuk pentas drama oleh siswa.

Kepala Sekolah SMP Kebon Dalem Sr Theresia Ratna Dewi PI mengungkapkan, Talent Hunt merupakan kegiatan tahunan sebagai ajang untuk mengembangkan bakat dan ekspresi siswa dalam bidang seni dan akademik. “Tahun ini bertema Java Heritage, dengan mengangkat kearifan budaya lokal. Bisa dilihat dari penelitian yang dilakukan siswa bisa mengenal dan mencoba mengolah rempah-rempah khas Indonesia, untuk dimanfaatkan bagi kebaikan bersama,” paparnya.

Sebagai sekolah riset berkarakter choice, dirinya berharap para siswa bisa mengembangkan kreasi, imajinasi serta bakatnya. “Kita berharap kegiatan ini dapat mengembangkan talenta dan bakat anak didik kita di berbagai bidang. Selain itu juga bisa membentuk mental dan kepribadian yang percaya diri,”pungkasnya. R01