Dahlan Iskan Semangati Mahasiswa Teknik Mesin Undip

112

SEMARANG – Lama tidak bertemu, mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan kemarin hadir di Semarang diundang Himpunan Mahasiswa (Hima) Fakultas Teknik (FT) Mesin di Gedung Pasca Sarjana Undip Pleburan, Sabtu (4/11). Bos Jawa Pos Group diundang memberikan motivasi mahasiswa menjadi pembicara Semnas Mechanical Education Fair 2017 bertemakan “Indonesia Emas 2045: Saatnya Pemuda Berkarya”.

Dahlan Iskan juga terlihat masih enerjik, ramah dengan senyum sapanya dan familier di hadapan mahasiswa. Kehadirannya pun mendapat sambutan hangat ratusan mahasiswa FT Mesin Undip karena sosoknya yang rendah hati meski ia seorang bos besar yang memiliki banyak perusahaan media.

Dalam paparannya, Dahlan menyerukan soal semangat anak muda untuk tidak patah semangat dalam menentukan masa depannya. Meski sekarang ini persaingan dunia kerja juga sangat ketat, Anda harus bisa mandiri dan siap berkompetisi. “Penjadi pemuda Indonesia harus siap menghadapi perubahan di masa mendatang. Bergantinya tenaga manusia ke mesin saat ini sudah mulai terjadi dan ini yang menyebabkan lapangan pekerjaan sempit,” ujarnya.

Menurutnya, pemuda di Indonesia harus siap menghadapi dan menyambut di tahun 2045 yang dimungkinkan negara ini bakal semuanya menggunakan mesin. Lalu bagaimana tanaga manusia dan SDM di sini? “Inilah kondisi negara dan keadaan jaman dan Anda genersi muda harus siap. Tidak bisa bersantai-santai dan jika perlu untuk bisa membuka peluang sendiri lewat wirausaha,” serunya.

Panitia seminar nasional, Sabrina Fatrianti mengatakan, Hima Teknik Mesin Undip memang sudah niatan mengundang Dahlan Iskan mengingat ia adalah sosok yang menginspirasi bagi anak muda. “Banyak generasi muda sering ia motivasi dengan pengalaman dan inovasi yang pernah dimilikinya,” jelasnya. Semnas dihadiri sekitar 500 mahasiswa dan umum sekaligus juga ada pengumuman juara lomba karya tulis ilmiah (LKTI).(04)