Pejabat PPAT Harus Beriman, Jujur dan Profesional

69

SEMARANG-Bekerja di dunia peraturan hukum yang kerjanya sering dibutuhkan masyarakat dituntut jujur, loyal dan profesional tidak memperkaya diri sendiri. Seperti orang yang bekerja sebagai pejabat pembuat akta tanah (PPAT), orangnya memang diberi kewenangan membuat akta tanah dibutuhkan banyak orang.

“Orang yang sudah menjadi PPAT atau belum alumni Unissula kami minta harus profesional dan tetap menjaga almamater kampus. Jadi PPAT juga harus berakhlak baik, beriman serta rajin ibadah. Karena ini godaannya sangat berat,” tegas Dekan FH Unissula Prof Dr Gunarto SH SE Akt MHum, Sabtu (04/11) kemarin.

Prof Gunarto kemarin menyampaikan hal ini saat membuka Kuliah Umum Kenoktariatan (MKn) soal ”Pertanahan dan Penerapan Permen ATR/Kepala BPN RI No 31 tahun 2016 tentang Ujian, Magang, Pengangkatan dan Perpanjangan Jabatan PPAT” di Fakultas Hukum Unissula. Acara diadakan oleh Magister Kenoktariatan (MKn) FH Unissula dengan peserta mahasiswa, alumni dan praktisi hukum dengan moderator Kaprodi MKn DrAkhmad Khisni.

Prof Gunarto menegaskan, banyak orang kebablasan dan lupa profesi yang dijalankan bahwa ini adalah amanah dari Allah SWT. Bila Anda sudah sukses jadi orang PPAT harus siap iman yang kuat termasuk moralitasnya. ”Karena sekali melakukan pelanggaran pasti resikonya juga berat,” pesannya.

Sementara pembicara utama, Erna Sriyatmi BSc SH MM dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan RI menyampaikan, para calon PPAT yang sudah jadi atau masih kuliah harus mengenal apa yang ditangani PPAT? Mereka adalah petugas yang menguasai dan tahu hukum pertanahan, mengetahui apa itu hak-hak atas tanah, milik serusun dan pengelolaannya.”Termasuk membantu menyelesaikan pemindahan hak milik,” pungkasnya.(04)