Puluhan Relawan Diberi Pelatihan dari Dinsos

39

SEMARANG-Prosedur keselamatan merupakan hal penting bagi relawan kemanusiaan mengingat aksi mereka cukup membahayakan menolong korban sehingga harus diprioritaskan. Melihat pentingnya hal tersebut, Dinas Sosial Kota Semarang melalui Bidang Rehabilitasi Sosial dan Seksi Disabilitas kejasama dengan Komunitas Sahabat Difabel (KSD) kemarin memberikan pelatihan savety code bagi relawan.

Kegiatan diikuti 70 orang relawan dari unsur Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Tim Penjangkauan Dinsos (TPD) dan Sahabat Difabel Kota Semarang yang dilaksanakan di gedung Fakultas Kedokteran Gedung A, Universitas Diponegoro (Undip). Selama pelatihan peserta mendapatkan ilmu teknik diagnosa sederhana, keputusan penanganan, management pasien tidak sadar, penanganan dan pencegahan infeksi penyakit menular.

“Dengan adanya pelatihan ini para relawan diharapkan mampu menjadi pelaku pertolongan pertama yang baik dan benar. Dirinya siap dengan Alat Perlindungan Diri,” jelas Budi Nur Cahyo TKSK asal Kecamatan Gajahmungkur usai mengikuti foto bersama. Dia juga menyambut baik kegiatan tersebut dan senang dengan ada pelatihan tersebut, “Pelatihan semacam ini sangat penting dan dibutuhkan pekerja sosial,” kata Budi,” jelasnya. (04)