Santosa Budhi, Alumni Stiepari Bagi Tips Bikin Laundry

63

SEMARANG-Para alumni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia (STIEPARI) di Bendhan Ngisor banyak yang sukses sejak kampus tersebut berdiri. Di antaranya banyak yang terjun di dunia pariwisata, perhotelan dan bahkan ada yang sukses jadi entrepteneur.

Sepertihalnya Santosa Budhi HP, alumni angkatan pertama yang dahulu sebelum Stiepari bernama Akademi Pariwisata (Akpari)tahun 1971. “Saya lulus dari Akpari/Stiepari kemudian bergelut di dunia entrepreneur di bidang laundry hingga sekarang. “Perlu diketahui bahwa bisnis laundry itu sangat menjanjikan apalagi membuka jasa di sekitar kampus. Namun peluang ini sering tidak bisa dilakukan sejumlah orang karena ia tidak tahu bisnis,” jelasnya.

Di hadapan jajaran civitas Stiepari dan mahasiswa, Santosa menegaskan, dirinya banyak memberikan arahan kepada pengusaha laundry karena juga seorang konsultan. “Bikin laundry tak hanya masalah lokasi, namun pelayanan juga penting,” jelasnya.

Senada dikatakan Soekiman Surip, alumni Stiepari yang kini sukses jadi GM Hotel Alaska Jalan Kyai Saleh. “Dahulu saya kuliah di Akpari-Stiepari memang sangat membantu saya dalam karir hingga sekarang ini. Dahulu hingga sekarang saya bekerja di perhotelan dan sudah berganti tempat. Kini terakhir dipercaya mengelola Hotel Alaska yang barusaja dibangun. Pengalaman, berani tampil kunci sukses menjadi orang di jaman sekarang,” ujarnya.

Dalam Workshop Laundry “Stretegi Bisnis Laundry Terkini” di Hotel Alaska juga dihadiri Pembina Yayasan Triviaca Prof Dr Dr Soetomo WE, Ketua Yayasan Dr Bambang Dwiloka, Ketua Stiepari Reni Apriliani MM dan Ketua Ikatan Pariwisata Joko Yuni Isnanto.(01)