DPD KNPI Gelar Apel Pemuda di Mijen

15

SEMARANG-Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kota Semarang minggu kemarin melakukan Apel Pemuda di Kelurahan Karang Malang Kecamatan Mijen. Apel pemuda merupakan opening ceremony kegiatan bakti sosial pemud Kota Semarang. Dalam apel tersebut para pemuda mendukung pemberdayaan masyarakat pedesaan dalam pembangunan.

Mewakili Walikota Semarang, Kadinas Pemuda dan Olahraga Kota Semarang Gurun Risyad Moko menyampaikan pentingnya pemberdayaan masyarakat pedesaan. “Atas nama Walikota Semarang kami menyampaikan terima kasih atas inisiatif gagasan dari KNPI Semarang. Yang penting melibatkan Kecamatan Mijen, Kelurahan Karang Malang seluruh warga masyarakat bahwa ini bukan milik komite nasional pemuda Indonesia saja. Tapi ini adalah milik masyarakat karena ada tiga kegiatan yang jadi agenda tadi,” kata Gurun menyampaikan pesan Walikota Semarang.

Lebih lanjut dirinya juga berusaha bershalawat menanam cabe, terong dan tomat yang selalu dibutuhkan masyarakat, ada pelatihan marketing online memanfaatkan gadget. “Tidak hanya untuk main games, program ini juga mendukung PKK Kelurahan Karang Malang yang akan maju lomba PKK tingkat nasional,” jelasnya. Dia meminta semua mendoakan Kota Semarang yang diwakili Kelurahan Karang Malang ini bisa jadi juara nasional. Tidak kalah pentingnya pengajian tiap malam agar kawula muda ikut bersholawat. “Dengan bersholawat insya Allah hati jadi tenang,” terangnya.

Sementara Camat Mijen HM Yanuarso menyatakan bahwa Mijen terus dipertahankan sebagai area konservasi. “Kami ingin mempertahankan Mijen sebagai wilayah konservasi sebagai salah satu usaha pencegahan banjir di daerah pesisir utara Kota Semarang. Kita akan terus menanam, terutama tanaman keras,” katanya

Dia juga mengungkapkan dirinya sudah bekerjasama dengan dinas kehutanan provinsi dan baru sekitar satu setengah bulan lalu dibantu bibit jati super. Selain itu camat yang baru menjabat kurang dari dua bulan ini juga menyatakan pentingnya pemahaman tentang informasi dan teknologi. “IT ini memang program yang pas dengan pedesaan. Dalam pemasaran kita perlu jemput bola, adanya pelatihan marketing online ini bisa memberikan pemahaman tentang IT,” pungkasnya.

Peranan pemuda diungkapkan Ketua DPD KNPI Kota Semarang, Choirul Awaludin bahwa dirinya menyatakan pentingnya pemuda itu tidak hanya mengontrol tetapi sudah saatnya mengawal pembangunan di Kota Semarang. “Nah, mengawal pembangunan ini ada banyak sisi, di sini sudah ada konservasi maka kita tinggal menggarap sentra produksinya dengan bibit cabe, terong dan tomat,” pungkasnya.(04)