Unika Launching Aplikasi ”Halo Alumni”

44

SEMARANG-Perkembangan dan kemajuan teknologi di Kampus Unika Soegijapranata dalam hal digital untuk kemahasiswaan memang membuat banyak kejutan di masyarakat. Seperti yang kini dilakukan yakni dengan me-launching Rumah Digital “Halo Alumni” di sebuah internet.

Rektor Unika, Prof Dr Ridwan Sanjaya membenarkan bahwa kini pihaknya telah membuat semacam aplikasi di internet dengan sasaran diberikan kepada para alumni yang sibuk. Unika memberikan kemudahan kepada para alumni yang hendak mengurus ulang soal legalisir tak perlu harus datang ke kampus minta stempel.

“Namun mereka tinggal meng-klik Unika di internet mencari petunjuk “Halo Alumni” dan di dalamnya para alumni untuk mengisi ulang data tentang nomor induk kemahasiswaan. Dengan mengikuti petunjuk, jadi legalisir tidak dalam bentuk cap basah, tapi berupa barkot verifikasi yang akan tehubung ke sistem kami,” ujar Ridwan di sela pelepasan wisuda periode III Unika, Sabtu (9/12).

Menurutnya, para alumni Unika diminta untuk segera menindaklanjuti dan tehubung dengan aplikasi ini. Karena nantinya di dalam aplikasi “Halo Alumni” juga akan terjalin komunikasi para alumni dengan pihak kampus saling memberi informasi misalnya soal lowongan pekerjaan. “Mereka juga bisa saling berkomunikasi bisa membahas menjadi investor usaha,” jelasnya.

Prof Ridwan juga menyinggung, sebuah kesibukan mahasiswa di manapun universitas jarang ke perpustakaan dan terkadang juga sering terabaikan. Banyak perpustakaan yang sepi pembaca karena mungkin tidak adanya informasi yang membuat orang tettarik. “Supaya orang tertarik dengan menerapkan teknologi di sebuah perputakaan untuk kemudahaan akses pembaca. Kami juga berusaha terus ingin menerapkan teknologi di dunia perpustakaan,” pungkasnya.(04)