Paud “Ceria Anakku” Belajar Simbol Berlalulintas

149

SEMARANG-Untuk mengenalkan anak akan pentingnya keselamatan berlalulintas, anak-anak “Paud Ceria Anakku” yang beralamat di Perumahan Sembungharjo Permai Blok D-24 Genuk diajak field trip ke taman lalulintas Dealer Astra Honda Majapahit, kemarin. Anak diajak dan dikenalkan fungsi manfaat rambu-rambu lalulintas di jalan raya, mewarnai traffic light dan berdemonstrasi praktik menggunakan sepeda.

Pengelola TK Ceria Anakku, Ratna Suryani SPd menuturkan, pendidikan tak harus selalu di dalam kelas namun siswa juga perlu dikenalkan ke dunia luar. Salah satunya dengan pengenalan pentingnya mempelajari rambu lalulintas. “Di sana siswa kami diajari oleh karyawan Astra tentang yang hubungannya dengan jalan raya dan rambu lalulintas. Siswa kami antusias bahwa para orangtua siswa juga hadir ikut menyaksikan, dan juga ikut praktik,” ujarnya.

Ratna mengatakan, hal yang sangat penting adalah simbol dari lalulintas itu sendiri, seperti apa fungsi lampu merah, kuning dan hijau. Kemudian simbol-simbol tanda larangan, bagaimana berkendara bilaakan berbelok dan lain-lain. “Kita modelnya tetap ada unsur bermain, siswa dalam praktiknya juga dipandu dari karyawan Astra,” jelasnya.

Dikatakan, hasil dan kesan kegiatan tersebut semua siswa senang dan mereka bisa mendapat wawasan, serta pengetahuan tentang rambu lalulintas. Sehingga kelak dewasa nanti mereka tidakkaget dan selalu teringat bagaimana harus bersikap berkendara di jalan raya. “Kegiatan yang kita lakukan juga gratis, siswa tidak dipungut biaya,” pungkasnya.

Usai berlatih berlalulintas, anak “Paud Ceria Anakku” kemudian kemarin diajak pembelajaran cooking class di “Roket Chicken” dan keliling Kota Semarang menggunakan bis tingkat wisata departemen perhubungan.(04)