Prof DYP: Kopertis akan Ganti Nama L2Dikti

37

SEMARANG-Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang (UU) akan terjadi perubahan namamenyeluruh atau transformasi bahwa kopertis dalam waktu dekat akan berganti nama menjadi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti).

“Transformasi tersebut sebagaimana tertuang dalam UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Jadi ini bukan program Pak Menteri, bukan pembubaran kopertis, juga bukan tuntutan dari masyarakat,” tegas Koordinator

Kopertis VI Jateng, Prof DYP Sugiharto didampingi Sespel Amsar MH saat memberikan sosialisasi di internal Kantor Kopertis VI Jateng di aula, Senin (12/2).

Prof DYP menegaskan, transformasi tetap menuntut pada peningkatan pelayanan prima. Maka setelah transformasi direalisasikan, layanan diupayakan semakin prima sesuai tujuan, serta harus ada respon atau tanggapan yang cepat  dan tepat. “Ini perlu ditekankan, mengingat selama ini kita seringkali terhambat respon.

Sebagai upaya mengantisipasi hal tersebut, kopertis perlu membentuk tim manajemen perubahan dalam waktu dekat ini,” ungkapnya.

Dikatakan, transformasi kopertis menuju LLDIKTI paling tidak akan memahami, menerima, menyesuaikan, mengoptimalkan kinerja dan melampaui lima hal yang harus diketahui para pegawai di kopertis, yakni Anda harus

mengaktualisasikan. “Minimal kita memahami dulu, jika kalau ditanya dari pihak eksternal dapat memberikan informasi yang benar,” sarannya.

Dikatakan, sebagaimana bunyi UU DIKTI  Pasal 57, LLDIKTI merupakansatuan kerja pemerintah di wilayah yang berfungsi membantu peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi. “Kita sebagai warga negara harus taat UU

dengan mengikuti ketentuan tersebut. Sedangkan di Pasal 96, LLDIKTI harus segera dibentuk paling lambat dua tahun sejak UU ini diundangkan, mengingat ada permasalahan internal dengan Menpan, baru mencapai kesepakatan di pertengahan 2017,” ucapnya.

Ia menambahkan, mengenai program LLDIKTI terdapat 12 item transformasi, di antaranya penetapan yang sudah ditetapkan oleh unit yang menyelesaikan. LLDIKTI tuntas pada Oktober 2018,” tandasnya.

Sementara, lanjutnya, pada April 2018 akan dilakukan pelantikan ulang pejabat LLDIKTI, mulai dari Kasubbag, Kasi, Kabag, Kabid, Sespel hingga Koordinator. “Tentang siapa yang akan jadi, kita sama-sama tidak ada yang tahu. Terpenting, kita harus siap menghadapi perubahan tersebut,” pungkasnya. (04)