MKn FH Unissula Buka Konsultasi Gratis

41

SEMARANG-Demi membantu tri dharma perguruan tinggi, Prodi Magister Kenotariatan (MKn) Fakultas Hukum (FH) Unissula kini membuka laboratorium konsultasi gratis untuk umum. Masyarakat yang mempunyai permasalahan pribadi soal sengketa tanah dan lainnya bisa konsultasi minta bantuan hukum tidak dipungut biaya.

Kaprodi MKn FH Unissula, Dr Akhmad Khisni membenarkan memang kini di MKn FH Unissula ada Laboratorium Kenotariatan Biro Kunsultasi dan Bantuan Hukum. “Ini dibuat juga sebagai pengabdian kita ke masyarakat, membantu mereka yang punya masalah. Tidak tahu solusinya mereka bisa konsultasi ke kami, di sini juga banyak dosen yang ahli notaris dan PPAT,” jelasnya.

Dikatakan, laboratorium ini juga dibuat untuk praktik para mahasiswa dan sejak dibuka beberapa waktu lalu juga ada orang yang datang konsultasi. Karena orang hidup di dunia ini tidak lepas dengan permasalahan sengketa tanah dan lain-lain kasusnya. “MKn Unissula ini memang juga baru dan sudah berjalan lima tahun serta sudah terakreditasi B. Tentunya kualitas SDM lulusan dari sini juga sangat berbobot karena hingg kini sudah ada lulusan kami sekitar 20 lebih yang sudah mempunyai kantor notaris dan PPAT sendiri,” urainya.

Dijelaskan, prodi MKn di Indonesia ada 39 jumlahnya baik PTN/PTS dan Unissula salah satu prodi yang jadi andalan di fakultas hukum Unissula. “Alumni kita sudah ada 279 yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Mereka sukses di bidangnya mengingat prodi MKn juga didukung dari Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkum Ham).

Senada dikatakan Sekretaris Prodi MKn Unissula, Dr Amin Purnawan bahwa profesi seorang notaris dan PPAT memang sedang digandrungi banyak anak muda. Mereka sukses dengan profesinya karena ini juga dibutuhkan SDM yang tegas dan cakap. “Lapangan kerjanya juga menjanjikan. Di kita saat ini juga sedang mengejar semoga tahun ini bisa mendapatkan akreditasi A,” pungkasnya. (04)