Sebelum Pensiun, Polri Sebaiknya Belajar Wirausaha

38

SEMARANG-Para petugas kepolisian di Jawa Tengah sebelum memasuki masa pensiun diminta untuk mempersiapkan diri bekali ketrampilan berwirawasta. Karena jika sudah pensiun nanti tidak kaget dan sudah punya usaha sampingan jadi wirausahawan.

Demikian ditegaskan Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Condro Kirono MM MHum saat menghadiri “Pembekalan dan Pelatihan Ketrampilan Pegawai Negeri pada Polri Polda Jateng 2018” bagi 800 anggotanya yang akan pensiun tiga tahun mendatang di Hotel Patra Jasa, kemarin. Para anggota kepolisian kemarin juga mendapat arahan dari akademisi dosen Unnes, Stain Salatiga, UNY dan STPP Magelang.

Kapolda menegaskan, acara pembekalan bagi kepolisian yang akan pensiun sangatlah penting. Pihaknya tidak ingin ada anggotanya pensiun lalu tidak ada kesibukan dan ini sangat meresahkan. “Bicara wirawasta itu banyak, ini juga sudah ada percontohan stand usaha. Orang bisa usaha bikin telur asin, bandeng presto dan lain-lain,” ucapnya.

Dikatakan, untuk penguatan memang pihaknya juga mengundang para akademisi dengan memberi penyuluhan anggota kepolisian jelang pensiun. “Ini sangat menarik dan semakin kuat informasinya,” ujarnya.

Sementara Prof Sucihatingsih dosen Unnes dalam pembekalannya di hadapan ratusan anggota kepolisian yang akan pensiun menegaskan, biasanya purnatugas biasanya dianggap tidak menyenangkan. “Namun pensiun bukanlah akhir segalanya, kita harus bangkit dan bisa bermanfaat untuk orang lain. Kita harus rajin ikut pelatihan apa pun, seperti wirausaha dan hal ini sangat menyenangkan,” pungkasnya. (04)