15 Industri Keuangan Syariah Meriahkan Mini Expo OJK

55
SEMARAK - Mini Expo Industri Keuangan Non Bank Syariah yang diselenggarakan oleh OJK dan Program Studi Ekonomi Islam FEB Undip, mendapat apresiasi positif dari mahasiswa dan masyarakat. Kegiatan berlangsung 20-22 Maret di Kampus FEB Undip Tembalang.

SEMARANG – Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip serta Forum Dosen Ekonomi Bisnis dan Islam (FORDEBI) Wilayah Jawa Tengah, bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar Mini Expo Industri Keuangan Non Bank Syariah di Gedung Laboratorium Kewirausahaan FEB Undip. Kegiatan yang digelar pada 20-22 Maret lalu ini, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan industri keuangan syariah.

Mini Expo tersebut menghadirkan 15 industri keuangan syariah yang terdiri dari perusahaan asuransi syariah, dana pensiun syariah, pelaku pasar modal syariah, dan perbankan syariah. Diantaranya, PT Philiph Sekuritas Indonesia, PT AIS Jasa Mitra Abadi, DPLK Mandiri, Unit Syariah PT Asuransi Sinar Mas, Unit Syariah PT Sun Life Financial Indonesia, Unit Syariah PT Asuransi Manulife Indonesia, dan Unit Syariah PT BRI Life.

Selain itu ada juga Unit Syariah PT CIMB Niaga Syariah, PT Asuransi Tafakul Keluarga, Unit Syariah PT Pegadaian, DPLK Syariah Muamalat, Unit Syariah PT BNI Life Syariah, PT BNI Syariah, PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera dan PT Indo Premier Sekuritas.

Ketua Prodi Ekonomi Islam FEB Undip Darwanto, menilai adanya mini expo ini membuka peluang bagi pelaku Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Syariah, untuk lebih memeperkenalkan produk-produk yang mereka miliki. “Kegiatan mini expo industri keuangan non bank syariah ini memberikan kesempatan bagi pelaku industri keuangan syariah, memperkenalkan produk-produk, seperti dana pensiun syariah, asuransi syariah, pegadaian syariah untuk kepada masyarakat kampus dan umum,” paparnya disela kegiatan.

Tidak hanya itu, pihaknya juga berharap agar mahasiswa yang hadir dapat memperoleh manfaat dari adanya mini expo. “Kegiatan mini expo di kampus ini, juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman lebih mahasiswa. Termasuk dapat melakukan tanya jawab hingga transaksi keuangan, sehingga pemahaman mereka tentang keuangan syariah menjadi lebih baik karena langsung dipraktekan,” tambah Darwanto.

Dirinya juga menambahkan jika Program Studi Ekonomi Islam FEB Undip, akan selalu berupaya meningkatkan literasi dan pemahaman akan industri keuangan syariah. “Prodi Ekonomi Islam FEB Undip mempunyai komitmen, dalam upaya meningkatkan literasi dan pemahaman industri keuangan syariah. Tentunya dengan harapan bisa mendukung sektor riil,” tutupnya.

Apresiasi positif juga disampaikan oleh para pengunjung. Salah satunya, Rizka Agustin. Dirinya menuturkan dengan adanya mini expo tersebut, ia menjadi lebih tahu tentang seluk beluk industri keuangan syariah. “Acaranya bagus, saya jadi tambah tahu mengenai industri keuangan syariah. Saya sangat mengapresiasi langkah OJK, yang menggandeng kampus dan lembaga profesi dalam memperkenalkan industri keuangan syariah kepada masyarakat,”pungkasnya. R01