Suasana Haru Kartinian di TK IT Harapan Bunda

121

SEMARANG-Memperingati Hari Kartini, TK IT Harapan Bunda (Harbun) di Jalan Brigjend Sudiarto Km 10,4 mengadakan berbagai kegiatan. Di antaranya paduan suara yang melibatkan ibu-ibu komite sekolah, sholawat anak dan drama dari para bunda guru serta membaca buku cerita bersama para bunda guru.

Kepsek TK IT Harbun, Mardiah SPd mengatakan, kegiatan ini eventnya ada dua yakni kartinian dan peringatan Isro Mik’roj. Ada pemandangan yang haru kartinian yang digelar di halaman tengah. Usai ibu-ibu komite sekolah paduan suara menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Ibu Kartini, anak-anak lalu memberikan bunga ke para ibu komite. Nampak para orangtua terlihat haru ada anaknya yang memberikan bunga sebagai tanda kasih di Hari Kartini. “Terimakasih anakku sayang, ibu sayang kamu nak,” ujar para ibu sembari memeluk putra-putrinya.

Mardiah mengatakan, dua event ini sekaligus digelar supaya anak-anak bisa mengambil hikmahnya, mengenal pahlawan Ibu Kartini bukan hanya dari kebaya dan memakai konde saja, tetapi juga bisa mengenal lewat cerita dari para bunda guru. ”Sementaratujuan digelarnya Isro Mikroj agar anak tersemangati dengan kegiatan agama mulai dari perintah sholat dan berakhlak mulia. Karena di sela-sela kartinian anak-anak juga diajarkan sholawatan dan para bunda guru memberikan cerita-cerita tentang Isro Mik’roj,” ujarnya.

Mardiah menuturkan, kegiatan ini juga mengambil tema ”Yuk menjadi Anak Pintar dengan Membaca Buku” yang diikuti anak TK A dan TK B berjumlah 140 orang. Pelaksanaan kartinian ini konsepnya sederhana dan hanya spontan memakai baju batik. “Jadi tidak ada yang resmi mengenakan busana kartinian,”ucapnya. Ditambahkan, acara juga dimeriahkan dengan cerita bareng anak bersama bunda gurunya, ada juga drama yang ditampilkan dari sisi religinya. (04)

FOTO: IST/JNN

TANDA KASIH: Anak-anak TK IT Harbun berikan bunga ke ibu-ibu komite sekolah di Hari Kartini, Sabtu (21/4).