Akpelni Pengabdian Masyarakat di Tambaklorok

53

SEMARANG-Untuk mewujudkan tri dharma perguruan tinggi, Akpelni kerjasama dengan INSA yakni Perusahaan Pelayaran Niaga kembali melakukan pengabdian masyarakat kedua kalinya di Kampung Tambaklorok, Kelurahan Tanjung Emas. Di antaranya dengan memberikan penyuluhan kepada puluhan nelayan dan pemberian bantuan sembako dan ban bekas ke nelayan di balai kelurahan, Jumat (2/4).

Pembantu Direktur I, Capten Cahya Fajar M.Mar MSi dalam penyuluhannya memberikan paparan tentang “Peningkatan Budaya Keselamatan dan Keamanan Pelayaran Agar Tercipta Hasil Nelayan yang Berkualitas”. “Kepada nelayan Tambaklorok diharapkan saat melaut utama yang harus diperhatikan yakni masalah keselamatan. Bawalah minimal pelampung, alat pemadam kebakaran, alat komunikasi. Meski sekadarnya minimal bisa dibawa untuk keselamatan,” jelasnya.

Dikatakan, pekerjaan sebagai nelayan sangatlah berat karena berhadapan dengan ombak besar dan belum lagi cuaca buruk. “Sebisa mungkin komunikasi antar nelayan dan kapal besar juga diperlukan. Patuhi rambu-rambu yang ada di tengah laut juga,” pesannya.

Direktur Akpelni, Capten Achmad Sulistyo MM M.Mar mengatakan, dunia berlayar kebetulan sudah lama digeluti. Dirinya juga merasa prihatin melihat nelayan saat melaut terombang-ambing karena ombak besar. Belum lagi resiko bisa terkena benturan dengan perahu lain. “Maka di sini selain kami memberikan penyuluhan juga memberikan bantuan ban bekas sebagai pelindung perahu-perahu nelayan. Diharapkan bantuan ini bisa diterima untuk keamanan perahu miliknya,” jelasnya.

Kegiatan kemarin juga simbolis ada pemasangan 400 ban bekas ke perahu dan pemberian sembako ke nelayan. Acara juga dihadiri Ketua INSA Ridwan dan Lurah Tanjung Emas Margo Hariyadi. (04))

 

FOTO:IST/JNN

KESELAMATAN MELAUT: PD I Akpelni Capten Cahya Fajar M.Mar MSi saat memberikan penyuluhan di hadapan puluhan nelayan Tambaklorok