Peresmian Bank Sampah untuk Kesehatan Lingkungan

58

SEMARANG-Mahasiswa Stikes Karya Husada Profesi Ners Angkatan 15 sukses memfasilitasi warga menjalankan program dan peresmian Bank Sampah “Berlian” di RW 04 Kelurahan Sembungharjo, Minggu (29/4). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bank sampah diresmikan Lurah Sembungharjo, Roihan SE.

Dosen Pembimbing, Ns Ni Nyoman MA Skep MSi Med mengatakan, sebanyak 15 mahasiswa ini memang bertugas praktik profesi ners di wilayah binaan Puskesmas Bangetayu dan ditugaskan di RW 04 Sembungharjo. “Wilayah ini memang binaan Puskesmas Bangetayu, dan mahasiswa diberikan tugas memfasilitasi permasalahan sampah jadi barang yang berguna,” terangnya.

Dikatakan, mahasiswa menemukan ide yakni memfasilitasi warga membuat program pengelolaan sampah agar bisa jadi uang. Mengajari masyarakat agar bisa bergelut dengan sampah dan menghasilkan ekonomi. “Pengelolaan sampah sekitar lewat bank-bank sampah,” jelasnya.

Lurah Sembungharjo, Roihan SE mengapresiasi atas kerja keras mahasiswa Stikes Karya Husada yang telah membantu warganya mengelola sampah jadi barang bermanfaat. Warga diberikan kegiatan positif, berbaur dengan sampah di lingkungan agar sehat dan bermanfaat,” tegasnya.

Dikatakan, warga harus semangat dan serius serta semangat dalam menjalankan program ini. Manfaat Bank Sampah ini bisa menghasilkan uang berkah. “Mewujudkannya harus ada kerja satu tim, jujur dan ikhlas,” ucapnya.

Sementara mahasiswa Stikes Karya Husada Profesi Ners Angkatan 15 juga mengucapkan terima kasih ke Ketua Stikes Karya Husada Dr Ns Fery Agusman MM MKep, Kepala Puskesmas Bangetayu dr Setyo Priyadi dan Ketua RW 04 yang mendukung pengabdian masyarakat ini. (04)

FOTO: IST/JNN

Lurah Sembungharjo Roihan SE mendamping mahasiswa Stikes Karya Husada saat praktik pengolahan bank sampah