Akpelni Mewisuda 150 Lulusan

139

SEMARANG-Wisuda ke-41 Perwira Remaja Pelayaran Niaga dan Prodi D3 Akpelni penuh banyak pujian dan apresiasi dari Kopertis Wilayah VI Jateng, Jumat (4/5). Acara yang digelar di Kampus Akpelni bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Koordinator Kopertis VI Jateng Prof Dr Sugiharto MPd.

Prof DYP mengatakan, dirinya bangga kini Akpelni telah mengalami berbagai kemajuan. Bisa dicermati, di antaranya telah memiliki berbagai sarana laboratorium simulasi untuk praktik bagi taruna yang bisa menghasilkan sertifikat keahlian. “Kami bangga akan kemajuan ini dan untuk terus ditingkatkan,” tegasnya.

Dikatakan, ada informasi yang membanggakan lagi bahwa Akpelni kini sudah memberlakukan penomoran ijasah nasional (PIN). Ini luar biasa dengan pin nantinya akan terkonek ke sistem informasi verifikasi ijasah elektronik (SIVIL) sehingga sudah ada pin langsung langsung ke sivil. “Sistem ini tak perlu ada legalisir ijasah karena akan terlegalisir secara online. Dan sistem baru ini penting dilakukan untuk cegah pemalsuan ijazsah. Para alumni yang akan legalisir ijasah tak perlu harus datang kek kampus dan bisa gunakan sistem ini,” terangnya.

Direktur Akpelni, Capt Achmad Sulistyo MM M.Mar dalam laporannya menyampaikan kali ini mewisuda 150 lulusan terdiri dari prodi D3 Nautika sebanyak 87 orang, D3 Teknika sebanyak 39 orang dan D3 Ketatalaksanaan ada empat orang. “Hingga kini Akpelni sudah meluluskan sebanyak 6.002 orang,” cetusnya.

Sementara wisuda terbaik dari Prodi Nautika diraih Rizky Putra Febrian  IPK 3,58, dari Prodi Teknika IPK3,13 dan Prodi KPN diraih Pujo Wahyu Romadhona IPK 2,97. Wisuda kemarin juga dihadiri pejabat dari Komandan Lanal Semarang, Kepala KSOP Tanjung Emas, pejabat di YayasanWiyata Dharma dan undangan. (04)

FOTO: IST/JNN

KALUNGKAN SAMIR: Koordinator Kopertis VI Jateng Prof DYP Sugiharto didampingi Direktur Akpeklni Capt Achmad Sulistyo MM M.Mar.