Meriah, Kirab Haul Ki Ageng Galang Sewu

116

SEMARANG-Memperingati Haul Simbah Ki Ageng Galang Sewu dan Pangeran Diponegoro, serta menyambut bulan Ramadhan. Ponpes Ki Ageng Galang Sewu yang beralamat di Jalan Jalimbing Raya RT03/RW 04 Tembalang menggelar Grebeg Nusantara, Kirab Merah Putih dan upacara di Stadion Undip, Sabtu (12/5).

Kirab dimulai dari Stadion Undip dihadiri Pimpinan Ponpes Ki Ageng Galang Sewu Abah Sam’ani Khoirrudin, sesepuh Kraton Yogyakarta Prof Dr KH Raden Mas Ali Ridho yang ikut mengendari kereta kencana, serta didampingi sejumlah pejabat dari Polda Jateng, Polrestabes Semarang, Dandim Kota Semarang dan undangan.

Abah Sam’ani Khoirrudin mengatakan, kirab ini yang kedelapan kalinya digelar dan sebelumnya dilaksanakan di beberapa kota di Jateng. Ini juga melibatkan banyak orang dari ormas, tokoh masyarakat, santri, akademisi, TNI, kelpolisian dan lain-lain. “Ini menarik sekali dan kirab selama ini sangat jarang dilakukan di perkotaan. Dan kirab ini perlu dilestarikan untuk semua sekaligus nguri budaya dan sejarah,” urainya.

Kirab kemarin berlangsung di area Kampus Undip. kembali ke ponpes dan dilanjutkan dengan Pengajian Akbar bersama Al Habib Luthfi bin Yahya, Haflah Akhirrusannah dan Khotmil Qur’an, Pengajian Wayang Semalam Suntuk dengan Lakon “Jimat Kalimosodo Kawedar” bersama Dalang Ki Kembar Carito.

Sesepuh Kraton Yogyakarta Prof Dr KH RM Ali Ridho berpesan kepada semua umat bahwa pentingnya menangkal radikalisme demi mempertahankan NKRI. “Kita sebagai warga yang beriman agar melaksanakan aturan negara dan yang tidak baik agar tidak dibenci. Kita harus setia dengan bangsa sendiri dan jangan mengkhianatinya,” terangnya. Sementara sepanjang kirab hingga pengajian akbar banyak disaksikan warga sekitar dan ribuan umat juga menghadiri pengajian akbar. (04)

FOTO: JNN/IST

NAIK KERETA: Pimpinan Ponpes Ki Ageng Galang Sewu Abah Sam’ani Khoirrudin didampingi sesepuh Kraton Yogyakarta Prof Dr KH RM Ali Ridho.