30 Nelayan Merauke Dapat Bintek di BBPI

15

SEMARANG-Sebanyak 30 nelayan dari Kabupaten Merauke Provinsi Papua mendapat bimbingan teknis (bintek) dari tim Balai Besar Penangkapan Ikan (BBPI) di Kantor Jalan Kalibaru Barat Pelabuhan Tanjung Emas, Selasa (22/5). BBPI memberikan bintek menindaklanjuti arahan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti agar nelayan Merauke diberikan ketrampilan pelatihan menangkap ikan.

Plt Kepala BBPI, Ir Usman Effendi MM membenarkan ada 30 nelayan Merauke diberikan bintek selama lima hari dan ini bertahap rencana akan ada lagi Juni-Agustus. Angkatan pertama 30 nelayan dan rencana ada 100 nelayan dijadwal waktunya. “Kami dari BBPI memang pengelolaannya dibawah Kemeterian Kelautan dan Perikanan. Pada Maret lalu Menteri Kelautan dan Perikanan meminta agar nelayan Merauke diberikan pelatihan menangkap ikan karena potensi hasil ikan di Merauke sangat besar,” jelasnya.

Dikatakan, nelayan Merauke akan diberikan pelatihan bagiamana cara melakukan penangkapan ikan agar SDM mereka bagus, mereka juga akan diajarkan belajar mengelola usaha, koperasi dan akan diajak praktik juga di laut. “Semoga tugas kami juga sangat bermanfaat untuk nelayan Merauke,” jelasnya.

Asisten 1 Sekda Merauke, Sunaryo yang juga hadir menyampaikan terima kasih kepada BBPI dan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Ini bintek yang sangat bermanfaat selama lima hari. “Kami minta kepada nelayan Merauke untuk bisa memanfaatkan waktu ini dan menyerap ilmu dari tim BBPI. Dan ilmu yang didapat juga bisa diajarkan di di daerahnya bila sudah pulang ke kampung,” pesannya.

Kukon Ahmad Furqon, dari Dirjen Perikanan dan Kelautan menambahkan, sangat perlu dan penting seorang nelayan diberikan pelatihan atau bintek. Mereka agar terampil demi membantu kehidupan mereka. (04)

FOTO: IST/JNN

BERI KETRAMPILAN: Puluhan nelayan Merauke bersama tim BBPI foto bersama sebelum mengikuti bintek penangkapan ikan di Pelabuhan Tanjung Emas.