Ponpes Al Haidar Penjalin Brangsong Kendal, Gelar Bukber dan Santunan Bersama Anak Yatim

86
FOTO BERSAMA – Para pengasuh Ponpes Al Haidar berfoto bersama perwakilan anak yatim dan kaum dhuafa disela buka bersama dan pemberian santunan di Aula Ponpes Al Haidar Kabupaten Kendal, kemarin.

KENDAL – Menjalin silaturahmi dan kepedulian terhadap sesama utamanya anak yatim dan kaum duafa, keluarga Besar Pondok Pesantren (Ponpes) Al Haidar Penjalin Brangsong, mengundang para anak yatim serta kaum duafa untuk buka bersama dan pemberian santunan di Aula  Ponpes Al Haidar Kabupaten Kendal, kemarin. Dalam kesempatan tersebut juga digelar kegiatan khataman kitab, yang dikaji selama bulan Ramadan sekaligus peringatan Nuzulul Qur’an.

Pengasuh Ponpes Al Haidar Arif Budi Mulyono SPdI menuturkan dengan kegiatan tersebut, diharapkan bisa mempererat tali silaturahmi, sekaligus wadah dakwah dalam bentuk kepedulian terhadap sesama. “Semoga di acara buka bersama ini, menjadi awal untuk kita bersama, bersilaturahmi dan melatih para santri untuk bersosial serta berbagi dalam masyarakat,”paparnya, dihadapan puluhan anak yatim dan kaum duafa, serta para santri yang ikut berperan aktif di acara tersebut.

Arif juga meminta kepada seluruh santri untuk bisa belajar dalam kegiatan ini, yang diharapkan nantinya bisa bermanfaat dalam bermasyarakat di daerahnya masing-masing. “Seluruh santri harus bisa belajar dari setiap kegiatan yang diadakan oleh ponpes. Harapannya, saat nanti kembali ke lingkungan masyarakat sudah terbiasa dalam kegiatan bermasyarakat,”lanjutnya

Ketua pantia Ikrar Zainul Alam SPd menambahkan, bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap sesama. “Ini juga menjadi ladang dakwah dan modal belajar kami, dalam bermasyarakat nanti, meski baru pertama dalam mengadakan acara ini, tapi saya harap semoga acara ini akan berlanjut di tahun depan dan akan lebih meriah lagi,” lanjutnya.

Apresiasi dan harapan juga disampaikan masyarakat sekitar. Salah satunya Aminah. “Masyarakat disini selalu mendukung semua kegiatan yang dilakukan oleh Ponpes Al Haidar. Sebab selama ini,  kegiatan yang digelar selalu memberikan dampak positif bagi masyarakat. Apalagi anak saya juga ikut belajar didalamnya, yang biasa disebut dengan santri kalong. Jadi saya sangat mendukung dengan adanya ponpes ini di lingkungan ini,”imbuhnya.

Hal sama juga dipaparkan salah satu santri, Tegar. Ia menyebutkan bahwa selama ini selalu mengikuti kegiatan bersama Ponpes Al Haidar. “Senang, karena ada banyak teman, bisa saling canda, selain itu juga dapat pengalaman,” tandansya. R01