BKKBN Jateng Terus Tingkatkan Jumlah Peserta KB Baru

6
Kepala Perwakilan BKKBN Jateng Wagino

SEMARANG– BKKBN Jateng terus meningkatkankeberhasilan dan jumlah peserta KB baru. Salah satunya dengan melakukan akselerasi program KB, bagi pengelola program di tingkat kabupaten dan kota. Terlebih tahun ini, memasuki usia ke-50 program tersebut.

“Genap di tanggal 29 Juni 2018, usia program KB menginjak usia 50 tahun atau tahun emas. Sementara, perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) memasuki usia ke 25 atau tahun perak. Semoga hal ini bisa semakin membawa kemajuan program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Jateng,” kata Kepala BKKBN Provinsi Jawa Tengah Wagino disela-sela peringatan Harganas di Semarang,  kemarin.

Dipaparkan, sejak Lembaga Keluarga Berencana Nasional (LKBN) berdiri tahun 1968 dan dua tahun lembaga semi pemerintah tersebut beroperasi, tepat di tahun 1970 program KB dikelola secara penuh oleh pemerintah di bawah naungan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Sementara terkait Harganas, tahun 1993 menjadi tahun pertama peringatan yang dilaksanakan di Sidoarjo Jawa Timur. “Harganas ini diharapkan bisa menjadi tonggak untuk mewujudkan peningkatan keluarga berkualitas dan dapat menurunkan angka fertilitas total atau total fertility rate (TFR) dari 2,5 menjadi 2,2 di tahun 2020,” kata Wagino.

Terkait peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), tambah Wagino, ditandai empat indikator yakni program KKBPK, program kesehatan, program pendidikan, dan program peningkatan daya beli masyarakat atau ekonomi

Sementara, dalam peringatan Harganas 2018, BKKBN Jateng mengisinya dengan sejumlah kegiatan diantaranya , berupa jalan sehat dan flashmop yang diikuti oleh keluarga besar BKKBN Jateng, Dharma Wanita persatuan BKKBN, Generasi Berencana (Genre), dan stakeholder terkait.

“Slogan dari Harganas kali ini adala cinta keluarga, cinta terencana, dan cinta Indonesia. Kalau terencana, semua lebih mudah dan istana yang paling indah adalah keluarga. Tidak hanya itu, keterlibatan para generasi muda dari kelompok Genre, diharapkan dapat menjadi penerus program KKBPK,”pungkasnya. R01