Mahasiswa D4 TLM Unimus Ikuti International Student Mobility di Malaysia dan Korsel

16
FOTO BERSAMA – Para mahasiswa D4 TLM peserta Internship Program & Community Service, berfoto bersama Rektor, Wakil Rektor, Dekan Fikkes dan Kaprodi D4 TLM dalam pelepasan disela doa pagi yang digelar di kampus Terpadu Unimus, Kedungmundu, Semarang, Senin (9/7).

SEMARANG – Dilepas oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) Prof Dr Masrukhi MPd, didampingi Wakil Rektor I Dr Sri Darmawati MSi, Wakil Rektor II Dr Sri Rejeki MKep SpMat, Wakil Rektor III Drs Samsudi Raharjo, Direktur International Relationship Office (IRO) Unimus Moh Yusuf PhD dan Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (Fikkes) Dr Budi Santosa MSi Med, sebanyak 31 mahasiswa mahasiswa D4 Teknologi Laboratorium Medis (TLM) mengikuti ‘Internship Program & Community Service’ ke Management and Science University, Malaysia, 17-22 Juli 2018.

“International Student Mobility merupakan program rutin yang kita gelar, dalam rangka sharing keilmuan di berbagai bidang. Harapannya, akan bermanfaat untuk para mahasiswa bagaimana mereka dapat meningkatkan profesionalismenya sebagai lulusan Unimus,” papar Prof Masrukhi, disela pelepasan dalam doa pagi yang digelar di kampus Terpadu Unimus, Kedungmundu, Semarang, Senin (9/7).

Dirinya berpesan kepada para mahasiswa peserta, agar mampu memanfaatkan kesempatan tersebut dalam meraih keilmuan dan pengalaman sebanyak-banyaknya. “Terlebih saat di Malaysia nanti, mereka ini tidak hanya menjadi mewakili Unimus, namun juga menjadi duta bangsa. Tunjukkan semangat dan antusias dalam pembelajaran. Termasuk disiplin waktu, jangan datang terlambat , harus tepat waktu,” tandasnya.

Lebih jauh dipaparkan, pihaknya terus meningkatkan kerjasama dengan berbagai stakeholder baik di dalam atau luar negeri. Tidak hanya dengan perguruan tinggi di kawasan ASEAN saja, namun juga hingga Amerika dan Eropa.

“Selain ke Malaysia, beberapa waktu lalu kita juga mengirimkan enam mahasiswa D4 TLM Unimus, untuk mengikuti Asian Summer Program (ASP) di Dongseo University (DSU) Busan Korea, selama tiga minggu mulai 9-21 Juli 2018. Kegiatan tersebut merupakan salah satu implementasi untuk menuju Unimus yang unggul, harapanny mereka tidak hanya berprestasi di dalam negeri saja, melainkan juga di luar negeri,” tandasnya.

Sekretaris Program Studi D4 TLM Fandi Adhi Wardoyo MSc menambahkan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari mata kuliah Praktek Kerja Lapangan (PKL). “Mahasiswa diberi pilihan bisa melaksanakannya di dalam atau luar negeri.Harapannya, kegiatan PKL yang diikuti mahasiswa semester 8 ini,dapat menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa sekaligus mendukung visi program studi untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan internasional,”ungkapnya.

Tidak hanya itu, melalui kegiatan tersebut, mahasiswa dapat membandingkan pembelajaran hingga kurikulum pembelajaran, yang ada di Unimus dan universitas luar negeri. “Diharapkan pengalaman ini dapat dibagi dengan kita, selaku pengelola program studi sehingga akan ada penyesuaian atau perbaikan kurikulum. Tentu saja, nantinya kurikulum pendidikan D4 TLM di Unimus akan sejajar dengan kurikulum pendidikan TLM di luar negeri,” pungkas Fandi. R01