Reporter SCTV-Indosiar Ajari Jurnalistik di Unwahas

26

SEMARANG-Suasana di Aula Kampus Unwahas mendadak heboh dengan kedatangan para reporter muda televisi asal Jakarta yakni dari SCTV dan Indosiar, Senin (16/7). Mereka hadir sengaja ingin memberikan pengalaman lewat acara “Goes to Kampus” tentang “News Presenter and Journalism Training”. Unwahas kedatangan Reporter Reza Ramadhansyah dari SCTV dan Wandha Tri Utami dari Fokus Indosiar bersama para crew-nya.

“Menjadi reporter televisi memang menyenangkan banyak tantangan dan pastinya ada suka dukanya. Harus siap dan sering liputan dari subuh hingga malam hari, dan ada kepuasan tersendiri bila sudah mendapatkan hasil liputan,” jelas Reza saat berbagi pengalaman.

Reza juga mengajak ratusan mahasiswa bila tertarik menjadi jurnalistik atau fokus di reporter harus mantap, serius benar-benar suka tantangan. “Pastinya ada kesuksesan, saya pun juga sudah sampai ke luar negeri,” ujarnya.

Senada dikatakan Tri Utami bahwa dirinya bisa seperti ini juga berawal dari ikut lomba acara goes to kampus dan juara pada 2013. Hingga akhirnya dirinya bisa bergabung di Indosiar seperti sekarang ini. “Apakah ada yang ingin seperti kita, maka perhatikanlah dan ikuti pengalaman kami ini hingga tuntas,”ucapnya.

Menurutnya, modal awal untuk bisa sukses jadi jurnalis para mahasiswa berawal perlu kuliah masuk jurusan komunikasi. “Kemudian perbanyak sering mendengar informasi, dan ikut seminar-seminar serta lomba untuk  pengalaman. Itu awal bila ingin sukses jadi jurnalis,” terangnya.

Wakil Rektor I Unwahas, Dr Mudzakir Ali berharap mahasiswanya bisa mengikuti jejak para jurnalis muda reporter televisi di Jakarta. “Maka semua yang disampaikan harus didalami dan semoga dalam sekian ratus peserta kelak ada yang bisa menjadi reporter,” pungkasnya. (04)

FOTO: IST/JNN

BERBAGI KESUKSESAN: Reza Ramadhansyah, reporter SCTV saat bercerita pengalaman menjadi jurnalistik di Kampus Unwahas, Senin (16/7).