SMK Mataram Semarang Kirim Lulusan Magang Kerja di Taiwan

89
FOTO BERSAMA - Ketua Yayasan Pendidikan Mataram Cindy Bachtiar didampingi Kepsek SMK Mataram Semarang Sri Sugianto SPd MSi MKom, berfoto bersama siswa disela audisi magang kerja ke Taiwan di Vina House Semarang, Selasa (17/7).

SEMARANG – Kompetensi lulusan SMK Mataram Semarang diakui secara internasional. Hal tersebut dibuktikan dengan kiprah sejumlah alumnus, yang diterima magang kerja di Taiwan. Selama tiga tahun,mereka akan ditempatkan di bidang tata boga.

“SMK Mataram terus memperkuat kompetensi siswa, agar memiliki ketrampilan dan kemampuan yang dibutuhkan oleh industri. Tidak hanya di dalam negeri, namu juga luar negeri. Sejauh ini, kita sudah beberapa kali mengirimkan siswa kita untuk magang kerja di Jepang untuk bidang infrastruktur, serta ke Taiwan untuk bidang tata boga dan perhotelan,” papar Kepala Sekolah SMK Mataram Semarang Sri Sugianto SPd MSi MKom, saat ditemui disela audensi dengan Ketua Yayasan Pendidikan Mataram Cindy Bachtiar di Vina House Semarang, Selasa (17/7).

Tercatat ada empat alumni SMK Mataram yang berangkat, mereka yakni Adel Corynnia Puspa Gayatry dan Meika Purnamaningsih diterima di San Hsin – Kaohsiung, jurusan Food and Beverage. Sementara Jacqueline Patrix Aprilia dan Rohmat Hidayat, ditempatkan di Liu Xin – Tainan, jurusan Food and Beverage.

“Sejauh ini, mereka yang magang kerja di luar negeri menyampaikan bahwa keilmuan yang kita berikan sesuai dengan kebutuhan kerja. Ini artinya, kompetensi yang diberikan selama menempuh pendidikan di SMK Mataram sudah pas. Nantinya mereka juga tidak hanya menempuh pendidikan lanjut,namun juga bekerja. Pendapatan selama bekerja ini juga lebih dari cukup untuk biaya hidup, termasuk mengirimkannya kepada orang tua mereka di Indonesia,”lanjutnya.

Sugi menambahkan, untuk keberangkatan siswa ke Taiwan ini, pihaknya menjali kerjasama dengan Ikatan Citra Alumni Taiwan Indonesia (ICATI) Jateng yang diketuai Diana Gunawan. “Kita sampaikan terimakasih kepada ICATI Jateng, yang ikut berperan dan membantu memfasilitasi anak-anak kami hingga bisa melakukan magang kerja di Taiwan ini,” tandasnya.

Apresiasi positif juga disampaikan Ketua Yayasan Pendidikan Mataram Cindy Bachtiar. Keberangkatan siswa alumni SMK Mataram ke Taiwan ini, diharapkan mampu menjadi pendorong bagi siswa yang lain untuk mengikuti jejak mereka. “Tahun lalu kita juga sudah mengirimkan dua siswa SMK Mataram kerja di Jepang, tahun ini rencananya 10 orang. Ini menjadi salah satu bukti bahwa lulusan kita memiliki kompetensi yang baik,” terangnya.

Lebih lanjut, pada tahun ajaran 2018/2019 ini, SMK Mataram Semarang juga terus berbenah dan meningkatkan kualitas layanan. Termasuk membuka kelas khusus,yakni kelas Hino dengan kompetensi teknisi khusus mesin Hino serta kelas Jepang, yang diperuntukan bagi siswa yang ingin magang kerja di Jepang. “Karena itu, nantinya pembelajaran juga akan disampaikan pada empat bahasa, yakni Indonesia dan Inggris untuk Teknik Kendaraan Ringan, bahasa Jepang untuk kelas Jepang, dan Mandarin untuk Boga dan Perhotelan,”tandasnya.

Sejauh ini ada empat jurusan yang ada di SMK Mataram yang terletak di Jalan MT Haryono No 403-405 Semarang, yakni TKR atau otomotif, Tata Boga, Tata Busana plus kecantikan serta Perhotelan. R01