Job Fair Disnakertrans Jateng Tawarkan 6.900 Formasi Lowongan

12

PEMALANG – Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) per Agustus 2017, jumlah angkatan kerja di Jateng mencapai 18,01 juta orang. Dari jumlah tersebut, 17,19 juta orang diantaranya sudah bekerja, sementara 820 ribu orang lainnya masih menjadi pengangguran terbuka, dengan tingkat pengangguran terbuka (TPT) 4,55%.

“Dari data Sakernas tersebut menunjukkan bahwa, masih banyak jumlah angkatan kerja yang menganggur. Meskipun TPT dibawah rata-rata nasional, yang mencapai 5,5 %, namun kita ingin angka tersebut terus ditekan,” papar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jateng Wika Bintang, kemarin.

Salah satu faktor angka pengangguran di Jateng cukup tinggi, karena keterbatasan informasi dari pencari kerja terhadap lowongan kerja, serta ketersediaan tenaga kerja yang dibutuhkan dunia kerja. Untuk menjembatani kesenjangan tersebut, pihaknya menggelar pemeran kesempatan kerja (Job Fair) di Pemalang, pada Sabtu – Minggu (18-19/8). Kegiatan tersebut, sekaligus memeriahkan Pesta Rakyat Jateng sebagai rangkaian kegiatan memperingati hari jadi ke-68 provinsi tersebut.

“Setidaknya akan ada sebanyak 6.900 formasi lowongan, dari sekitar 40 perusahaan yang akan memeriahkan Jobfair itu. Perusahaan itu diantaranya berasal Kabupaten Pemalang, Tegal, Brebes, Pekalongan, Batang, Semarang, Surakarta, Demak, DKI Jakarta, Banten dan Jawa Timur. Kualifikasi pencari kerja yang dipersyaratkan bervariasi, dimulai dari lulusan tingkat SLTP, SLTA, D-I, D-II, D-III, S-I, S-2 dan Pendidikan Profesi. Tidak hanya itu, ajang ini juga gratis alias free, tidak dipungut biaya,” tandasnya.

Pihaknya berharap pameran kesempatan kerja ini, dapat dimanfaatkan oleh para pencari kerja secara maksimal, mengingat saat ini tantangan dalam bidang ketenagakerjaan terus bertambah, semakin kompleks dan perubahannya cepat sekali. “Saat ini kita tengah menghadapi Revolusi Industri Jilid IV (Industry 4.0). Masa ini ditandai dengan munculnya digitalisasi, mekanisasi, otomatisasi produksi, e-commerce, dan penggunaan internet of things. Suka tidak suka, mau tidak mau, kita sudah pasti memasuki masa ini. Sehingga diharapkan melalui penyelenggaraan Pameran Kesempatan Kerja ini, akan banyak terjadi penyerapan atau penempatan tenaga kerja ditengah semakin sempitnya peluang yang ada,”pungkasnya. R01