Sinergi Pertamina – Patra Jasa Laksanakan Program CSR

24
FOTO BERSAMA – General Manager Patra Semarang Hotel & Convention I Gusti Made Juniarta, berfoto bersama perwakilan peserta usai membuka kegiatan di Patra Semarang Hotel & Convention, Rabu (26/9).

SEMARANG – Sebanyak 50 siswa dan mahasiswa, yang berasal dari SMKN 6 Semarang, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (Stiepari) Semarang dan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, mengikuti pelatihan pengetahuan dasar ilmu perhotelan, housekeeping serta table manner. Pelatihan selama dua hari, Rabu-Kamis (26-27/9) ini, menjadi bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR), yang digelar PT Pertamina (Persero) bersinergi dengan PT Patra Jasa, selaku anak perusahaan.

“Kegiatan ini merupakan program rutin tahunan yang diselenggarakan oleh PT Pertamina, dan PT Patra Jasa sebagai anak perusahaan. Kali ini, yang bertugas melaksanakan kegiatan tersebut melalui unit Patra Hotels & Resorts yang berada di Bali, Semarang, Bandung, Anyer, Parapat dan Palembang,” papar General Manager Patra Semarang Hotel & Convention I Gusti Made Juniarta, usai membuka kegiatan di Patra Semarang Hotel & Convention, Rabu (26/9).

Dipaparkan, pelatihan di bidang pariwisata tersebut, diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan peserta, khususnya mereka yang berkecimpung di bidang tersebut. “Ini menjadi kontribusi kami, selaku pelaku wisata yang turut  serta mengembangkan cikal bakal insan pariwisata yang berkualitas,” tandasnya.

Juniarta menambahkan, selain di bidang pelatihan pariwisata, pihaknya juga melakukan  program CSR dalam pengelolaan sampah dan yoga pre-natal. “Kami sebagai industri ingin memberikan edukasi terhadap warga dalam pengelolaan sampah, agar kami dan warga sekitar dapat berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan.

Pelatihan pengelolaan sampah, akan diikuti warga dari kelurahan Wonotingal, Candi dan Jomblang yang meliputi proses pengolahan dari sampah menjadi kompos. Kemudian untuk yoga pre-natal, akan dilaksanakan selama empat hari dan diikuti oleh 40 ibu hamil,” terangnya lebih lanjut.

Sebelum penyelenggaraan Program CSR di Semarang, PT Pertamina  dan PT Patra Jasa juga telah  menyelenggarakan Pelatihan Pariwisata di Kupang bersama 60 peserta dari 3 SMK di Provinsi NTT. Hal sama juga dilakukan Patra Comfort Parapat, yang diikuti peserta siswa SMK yang tersebar di wilayah Parapat dan Siantar, Sumatera Utara. R01