Puncak HUT ke-90 Gereja Katedral Meriah

38

SEMARANG-Puncak HUT Ke-90 Paroki Santa Perawan Maria Ratu Rosario Suci Randusari Katedral (Gereja Katedral) berlangsung meriah, Sabtu (6/10). Acara dibuka Paroki Pastur Gereja Katedral Rm Herman Yoseph Singgih Sutoro.

Di antaranya kemeriahan dibuka dengan senam pagi bersama, pembukaan bazar, pentas seni sekolah-sekolah katolik, seminar entrepreneurship “Bisnis Kopi”dan pagelayaran wayang kulit pada sabtu malam berjudul “Gatotkaca Panca Raga” dengan dalang Ki Rm Lukas Heri “Ipeng” Purnawan MSF.

Rm Herman Yoseph menjelaskan, Gereja Katedral sangat bersyukur kini sudah berusia 90 tahun dan ini salah satu acara syukuran bahwa ini usianya sudah tidak muda lagi. Ini menarik menjadi perhatian umum karena ini salah satu gereja di Kota Semarang yang merupakan sejarah perjalanan pusat Keuskupan Agung di Semarang. “Acara ini kita mengambil tema “Utuh Merengkuh; Terlibat Nyata Berbelarasa” dan puncaknya digelar dua hari sabtu-minggu. Pada minggunya ada lomba mewarnai, melengkapi gambar dan menggambar untuk TK-SD,” jelasnya.

Hendi, koordinator acara mengatakan, acara HUT Gereja Katedral ke-90 sebenarnya proses acara sudah dilakukan sejak April lalu dan puncak acara pada Oktober ini. Puncaknya selain pentas seni, wayang kulit pada minggunya selain lomba ada Perayaan Ekaristi HUT ke-90 Paroki, Pelantikan Dewan Paroki, Launching Program BKSY dan ditutup dengan pesta 1.000 umat. “Proses tahapan acara beberapa bulan lalu di antaranya ada lomba logo, Kirab Bunda Maria, ada kegiatan sosial juga pembagian takjil, pengobatan gratis dan pentas cilik puncak acara ini,”cetusnya.

Sementara pentas seni sabtu pagi meriah, terlihat tampil pertama siswa TK Marsudi Yesus dan tarian diiringi barang bekas dan kemudian tarian dari SD Kanisius Hasanudin. “Acara HUT Gereja Katedral meriah, apalagi penampilan anak-anak juga bikin lucu,” ujar Rahma, pegunjung. (04)

FOTO: IST/ JNN

POTONG PITA: Paroki Pastur Gereja Katedral Rm Herman Yoseph Singgih Sutoro saat membuka puncak acara HUT Ke-90 Gereja Katedral, Sabtu (6/10).