Wagub Apresiasi, Konjen Tiongkok Kunjungi Unwahas

41

SEMARANG – Sebuah kehormatan, Unwahas kembali mendapat kunjungan orang-orang pengusaha penting dari Tiongkok dan Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin) di Kampus III FK Unwahas Gunungpati, Kamis (18/10). Mereka hadir untuk mengikuti seminar “Forum Kajian Kebijakan Luar Negeri Menuju Sinergitas Global Maritime Fulcrum (GMF) RI dan Belt and Road Initiatives (BRI) RRT”. Di antaranya pembicara yang hadir Konsulat Jenderal (Konjen) Tiongkok Gu Jingqi, Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan (BPPK) Kementerian Luar Negeri Dr Siswo Pramono, serta Rektor Unwahas Prof Dr Mahmutarom.

Wagub mengatakan, pihaknya merasa sangat senang para pengusaha penting asal Tiongkok bisa hadir di Kota Semarang dan menjalin hubungan dekat dengan Unwahas. “Kami sangat mengapresiasi dan ini sungguh luar biasa. Tentunya jangan merasa sungkan untuk bisa mengenal lebih dekat dengan Kota Semarang ini,” urainya. Dikatakan, Jateng sangat terbuka untuk berinvestasi khususnya dari Tiongkok. Silakan berinvestasi di Jawa Tengah, provinsi ini sangat kondusif, aman dan masyarakatnya ramah. “Para pengusaha besar ini juga akan disambut bila nantinya siap mendukung kemajuan Jateng,” cetusnya.

Rektor Unwahas Prof Mahmutarom mengatakan, Konjen Tiongkok di Surabaya Gu Jingqi ini mengajak lima investor raksasa ke Kota Semarang untuk menjajaki kemungkinan kerja sama pengembangan investasi usaha di Jateng. Selama ini kerja sama Semarang dengan Tiongkok, Jateng atau sebaliknya telah terjalin hubungan baik. “Tidak hanya hubungan ekonomi dan usaha yang saling menguntungkan. Mahasiswa kami dari Unwahas juga banyak dibantu mendapat beasiswa pendidikan dari pemerintah Tiongkok,’’ katanya.  Sementara seminar kemarin diadakan Fisip Unwahas pembicaranya Deputi Bidang Koordinasi Keaulatan Maritim Kemenko Bidan Kemaritiman Purbaya Yudhi Sadewa, The Habibie Center Rene Pattiradjawane, Andojo Wuryanto dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan WR Unwahas Andi Purwono . (04)