Sinergi KAMP dan Menwa 950 Patigeni Polines, Gelar Alaska 2018

364

SEMARANG – Korps Alumni Menwa Polines (KAMP) bersinergi dengan Menwa 950 Patigeni Politeknik Negeri Semarang (Polines), menggelar ajang lomba paskibra (Alaska) yang diikuti siswa SMA/SMK/MA se-Jateng di kampus Tembalang, Minggu (21/10).

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sumbangsih atau kepedulian alumni KAMP, kepada almamater dalam bakti masyarakat. Sekaligus, sebagai wadah bagi siswa dalam mengasah kemampuan, kekompakan dan ketrampilan mereka dalam peraturan baris berbasir (PBB),” papar Komandan KAMP Muhammad Handaya, disela kegiatan.

Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga untuk membentuk karakter siswa, sikap disiplin, bertanggung jawab dan kerjasama tim. “Ini tidak semata-mata hanya untuk mencari pemenang saja, namun juga sebagai upaya untuk membentuk karakter siswa, sekaligus menumbuhkan sikap dan semangat bela negara. Sebab PBB itu sifatnya disiplin,” terangnya.

Diterangkan, dalam perlombaan tersebut pihaknya juga menghadirkan instruktur atau juri dari Rindam IV Diponegoro, sehingga diharapkan kemampuan para peserta benar-benar diuji. “Ada sejumlah kriteria penjurian, mulai dari ketepatan waktu, kesamaan gerak, estetika, disiplin hingga kerapian. Alaska ini menjadi agenda dua tahunan dan mudah-mudahn kita dapat terus laksanakan,” terangnya.

Wakil Direktur Kemahasiswaan Polines Adhy Purnomo ST MT mengapresiasi positif kegiatan tersebut. Diterangkan, lomba tersebut selain dapat lebih memperkenalkan Polines kepada masyarakat, khsusunya siswa, juga selaras dengan visi kampus dalam membentuk karakter mahasiswa. “Kita apresiasi dan dukung kegiatan ini, sebab melalui PBB ini siswa dilatih untuk disiplin, bertanggung jawab sekaligus menumbuhkan semangat bela negara. Ini juga selaras, dengan apa yang dilakukan Polines dalam membentuk karakter mahasiswa kita. Mereka juga kita tumbuhkan semangat bela negara dengan mengikuti pelatihan di Rindam IV Diponegoro, Magelang,” terangnya.

Sementara, setelah melalui penjurian, keluar sebagai juara umum yakni SMKN 3 Salatiga Team A, sementara juara lomba PBB secara berurutan diraih oleh SMKN 3 Salatiga Team A,  SMKN 1 Semarang Team B, SMKN 2 Semarang. Sedangkan juara harapan diraih oleh SMKN 11 Semarang Team B, SMAN 11 Semarang, serta SMKN 3 Salatiga Team B.

Untuk kategori Lomba Variasi dan Formasi, juara masing-masing diraih oleh SMKN 3 Salatiga Team A, SMAN 11 Semarang, SMKN 1 Semarang Team B. Sedangkan juara harapan disabet oleh SMKN 1 Semarang Team A, SMKN 3 Salatiga Team B dan SMKN 11 Semarang Team B. Sedangkan, juara favorit diraih SMK Negeri Jawa Tengah.

Selanjutnya, untuk kategori Danton Terbaik, diraih oleh SMAN 11 Semarang, SMKN 3 Salatiga Team A dan SMKN 1 Semarang Team B. Juara Kostum Terbaik diraih oleh SMK Theresiana Semarang, SMKN 11 Semarang Team B dan tiga tim juara tiga yakni SMKN 3 Salatiga Team B, SMKN Jateng, dan SMK Garuda Nusantara Demak. Untuk kategori Pelatih Terbaik, juara diraih oleh SMKN 3 Salatiga Team A, SMKN 1 Semarang Team B dan SMKN 2 Semarang. R01