Polteka Mangunwijaya Raih Nilai Tertinggi TOUKTTK

130

JAKARTA – Prodi Farmasi Politeknik Katolik (Polteka) Mangunwijaya Semarang berhasil meraih nilai tertinggi dan nilai rata-rata tertinggi nasional, dalam Try Out Ujian Kompetensi Tenaga Teknis Kefarmasian (TOUKTTK) 2018.

Dalam ujian yang digelar Asosiasi Pendidikan Diploma Farmasi Indonesia (APDFI), Prodi Farmasi Polteka Mangunwijaya Semarang berhasil meraih nilai tertinggi 87,8 dan nilai rata-rata tertinggi 65,4. Hasil ini meningkatkan dibandingkan tahun lalu, dimana nilai tertinggi 83,33 yang juga diraih oleh prodi tersebut.

“Uji kompetensi dilakukan untuk meningkatkan kompetensi dari tenaga teknis kefarmasian, sesuai dengan yang tercantum dalam Undang-Undang No 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan. Disebutkan bahwa Ahli Farmasi minimal memiliki pendidikan Diploma III dan wajib melakukan Uji Kompetensi,” papar anggota Komite Farmasi Nasional Dra Suzana Indah Astuti MSi Apt, disela penyerahan sertifikat kompetensi bagi 7.509 Tenaga Teknis Kefarmasian, dalam kegiatan Penyerahan Berkas Hasil Evaluasi Ujian Formatif Uji Kompetensi Tenaga Teknis Kefarmasian di Hotel Santika Slipi Jakarta, Sabtu (27/10).

Diterangkan, pada 2018 sebanyak 7.507 tenaga teknis kefarmasian telah melakukan TOUKTTK di 60 Tempat Uji Kompetensi (TUK), yang tersebar di seluruh Indonesia. Kegiatan dilaksanakan pada 15 September lalu, dan diikuti oleh 503 mahasiswa Analis Farmasi dan Makanan dan 7.004 mahasiswa Farmasi, dengan sistem Computer Based Test (CBT) dimana mahasiswa mengerjakan 180 soal multiple choice question (MCQ) selama 3 jam.

“Pelaksanaan TOUKTTK diharapkan dapat menjadi evaluasi bagi masing-masing institusi pendidikan diploma farmasi dalam meningkatkan mutu kualitas yang diluluskan sehingga lulusan ahli farmasi dari institusi manapun memiliki kualitas yang sama” imbuh perwakilan Lembaga Pengembangan Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan dokter Yulherina MKM.

Sementara Ketua Prodi DIII Farmasi Polteka Mangunwijaya Septiana Laksmi Ramayani MSc Apt, mengapresiasi positif capaian yang diraih oleh prodi yang dipimpinnya. “Ini capaian luar biasa, yang patut kita syukuri dan dipertahankan. Tahun lalu, dengan AkfarTheresiana kita juga berhasi meraih angka tertinggi. Lalu tahun ini, setelah bergabung menjadi Polteka Mangunwijaya, kita juga meraih hasil serupa,” tandasnya. R01