FAAS Cina Gandeng Fakultas Pertanian Unwahas

47

SEMARANG-Fujian Academy of Agricultural Science (FAAS) Fuzhou Cina tertarik menggandeng Fakultas Pertanian (FP) Unwahas untuk melakukan kerjasama. Kedua belah pihak sepakat menjalin kerjasama lewat MoU yang berlangsung di Hotel Grasia, Kamis (27/12). Dan hubungan ini sebagai tidaklanjut kunjungan balasan yang sebelumnya FP Unwahas pernah ke Cina beberapa waktu lalu.

Dekan FP Unwahas, Lutfi Aris Sasongko STP MSi membenarkan, maksud MoU ini tentang akademik dan penelitian. “Mereka datang ke sini yang semuanya para ahli dan peneliti sekaligus ingin memberikan ilmu membudidaya jamur dan paska panen. Bahkan, konon budidaya jamur bisa menggunakan media limbah dan ini sangat menarik,” ujarnya.

Menurutnya, usai MoU mereka akan kemudian memberikan ilmunya lewat seminar internasional “Agricultural Technology for Sustainable Agricultural Development” dengan peserta mahasiswa dan pelajar. Seminar mengundang Prof Chen Junchen selaku Director of Institute of Agricultural Engineering Technology FAAS Fuzhou Cina, Ir Yuni Astuti MA Kadinas Pertanian dan Perkebunan Jateng, dan Dr Harwanto diwakilkan Prof Agus Hermawan selaku Kepala BPTP Jateng.

Rektor Unwahas, Prof Mahmutarom juga menyambut baik kerjasama dengan FAAS Fuzhou Cina. Harapannya keilmuan mereka tentang jamur nantinya bisa diaplikasikan ke mahasiswa di fakultas pertanian. “Misalnya diaplikasikan lewat kegiatan KKN ke masyarakat,” pungkasnya.

Sementara Prof Chen sangat tertarik untuk mencoba pengembangan jamur di daerah tropis di Jateng. Nantinya FP Unwahas bisa mencoba dengan membimbing mahasiswanya karena penelitian ini belum banyak dikembangkan. (04)

FOTO: IST/JNN
TANDATANGAN NASKAH: Dekan FP Unwahas Lutfi Aris Sasongko STP MSi dan Director FAAS Fuzhou Cina Prof Chen Junchen tunjukan naskah MoU didampingi Rektor Prof Mahmutarom dan para jajarannya.