Mahasiswa FT Unissula Sabet Juara di Bridge Design Competition di NTU Singapura

31
Mahasiswa Prodi Teknik Sipil, FT Unissula sabet juara I, II, dan penghargaan dalam ajang Bridge Design Competition (BDC) di NTU Singapura

SEMARANG- Mahasiswa Fakultas Teknik (FT), Prodi Teknik Sipil, Unissula Semarang menyabet tiga juara sekaligus, yakni juara I, II, dan most economical design di ajang Bridge Design Competition (BDC), di Nanyang Technology University (NTU) Singapura, 9-10 Maret 2019.

Dari dua tim yang berlaga di kategori universitas, tim I yang digawangi oleh Ardefian Piradipta Suharno dan Muhammad Fiko Prameswara (tim Al-Biruni) meraih juara 1 dan penghargaan jembatan desain ekonomis (most economical design).
Sedangkan tim II (tim Al Khawarizmi) yang beranggotakan Brillyan Graha Ditarta dan Ashfa Taqiya meraih juara II. Sedangkan juara III, IV dan V diraih masing-masing oleh Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Indonesia (UI), dan NTU singapura. Pesertanya, adalah 38 tim dari perguruan tinggi di negara ASIA.
Ardefian mengatakan, pada hari pertama BDC, peserta diberi permasalahan terkait dimensi jembatan, dan diminta untuk mendesign jembatan sesuai permasalahan tersebut. Bahan yang bisa digunakan untuk permodelan pun beragam, mulai dari kayu balsa, basswood hingga kardus.
Hari kedua merupakan hari pengujian dan penentuan tim mana yang pantas masuk top 10 tim. Desain jembatan dinilai oleh para juri dan setiap tim yang lolos 10 besar diminta untuk mempresentasikan jembatan yang dibuat dalam bahasa Inggris.
”Dengan persiapan kurang dari tiga minggu, kita terus tekun belajar terkait desain dan pembuatan desain jembatan. Untuk Tim I, dengan konsep jembatan truss berbentuk berlian ini mau menahan beban hingga 79 Kg, sedangkan tim II model jembatannya sangat simpel dan bisa menahan beban hingga 59 Kg. Kado termanis untuk milad ke-55 FT,” jelasnya.
Para juara ini mendapat apresiasi dari Rektor Ir Prabowo Setiyawan PhD, Rabu (21/3/2019). Pihak universitas memberi hadiah ibadah umroh gratis dan beasiswa pada mereka. tie