Mitos Atau Fakta, Menyusui Bisa Bikin Payudara Kendur?

145
Iik Nurul Ulfah

DEWASA ini banyak bunda-bunda yang takut menyusui bayinya sebab takut payudaranya jadi kendur,dengan dalih alasan “gak mau menyusui ah nanti payudara saya jadi kendur??” Terutama bagi mama muda yang masih memperhatikan postur tubuhnya,menurut bunda sendiri MITOS atau FAKTA sih kalau menyusui bisa bikin Payudara jadi kendur????…. dan jawabannya adalah MITOS, perlu bunda ketahui jika menyusui itu ternyata tidak membuat payudara bunda mejadi kendur, tapi memiliki manfaat yang lebih dari hanya sekedar menjaga penampilan tubuh.
Bentuk payudara pada wanita sendiri umumnya terus berubah dari masa ke masa,umur juga mempengaruhi perubahan payudara,sesudah melahirkan lebih dipengaruhi karena faktor hormon kehamilan,bukan karena faktor menyusui,justru di masa menyusuilah banyak sekali manfaat untuk bunda dan bayi yang akan di dapat, Pada saat masa menyusui selesai, maka payudara akan secara perlahan kembali ke bentuk semula,jadi bunda tidak perlu khawatir akan menyusui bisa menyebabkan kendur.
Berikut adalah fakta manfaat menyusui bagi bunda maupun bayi,
pertama ; penyebab dari kendurnya payudara adalah kurangnya olah raga dan proses penuaan, pola hidup seperti merokok, alcohol, bukan karna menyusui ya bunda
Ke-dua , Menyusui dapat mengurangi stress pada ibu karna menyusui dapat meningkatkan produksi hormone endorphin (hormone kesenangan) sehingga bunda akan terhindar dari stress
Ke-tiga ASI (Air Susu Ibu) dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh si bayi sehingga bayi tidak mudah sakit.
Ke-empat Menyusui dapat mengurangi resiko terkena kanker lho bunda,terutama kanker pada payudara.
Ke-lima menyusui bisa menurunkan berat badan, perlu bunda tahu menyusui dapat membakar kalori dalam tubuh bunda sehingga berat badan saat hamil dapat cepat turun,
Ke-enam ASI dapat menjadikan anak-anak pintar.
Ke-tujuh menyusui dapat meningkatkan ikatan batin bunda dengan bayi, dan yang terpeting perlu bunda tau bahwa menyusui bisa sebagai KB (Alat Kontrasepsi) alami selama 6 bulan dan masih banyak lagi manfaat menyusui.
Bagaimana bunda? Banyak sekali kan manfaat menyusui, Nah sekarang jangan khawatir lagi bunda untuk tetap menyusui si bayi sampe ASI esklusif selama 6 bulan atau sampai dengan usia 2 tahun .
Seperti yang disebutkan dalam Alquran, masa menyusui dalam ajaran Islam adalah dua tahun. Firman Allah SWT, “Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan,” (QS al-Baqarah [2]: 233).
Maka dari itu mengenai Mitos atau Fakta mengenai Menyusui bisa bikin payudara kendur, sampai jumpa di tema selanjutnya dengan pembahasan yang lebih menarik, salam sehat!

Oleh: Putri Ciptari Liawan
Mahasiswa Prodi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran, Unissula Semarang