Kebidanan Unissula Motivasi Ibu Nifas Cek Hb

38
Tim Pengabdian masyarakat prodi kebidanan Unissula melakukan cek niifas ibu-ibu.

SEMARANG- Prodi Kebidanan Unissula bekerjasama dengan klinik Pratama Nawang Medista yang beralamat di Jalan Pengapon Kota Semarang mengadakan pemeriksaan Hb gratis kepada ibu yang datang untuk bersalin. Setiap ibu bersalin yang datang ke klinik maka akan dilakukan pemeriksaan kadar Hb untuk mendeteksi apakah mengalami anemia atau tidak.
“Dengan adanya pemeriksaan tersebut dapat di deteksi secara dini apabila mengalami anemia maka perdarahan post partum dapat dicegah dan diantisipasi misalnya dengan melakukan perujukan segera ke Rumah sakit apabila ditemukan ibu bersalin dengan Hb Kurang dari 7 gr%. Pemeriksaan kadar Hb dilakukan dengan metode menggunakan Hb meter dengan menggunakan stik Hb. Cara melakukan pemeriksaan tersebut adalah dengan mengambil darah kapiler di ujung jari pasien kemudian meneteskannya ke dalam stik Hb yang sudah dipasang di Hb meter,” ungkap Dosen Kebidanan Unissula Sri Wahyuni SST MKeb.
Pengabdian masyarakat yang berlangsung selama dari Agustus 2018- 20 januari 2019 tersebut juga diikuti tim Kebidanan antara lain Rr Catur Leny Wulandari SSiT MKeb, Endang Surani SSiT MKes, Endang Susilowati SSiT MKes, Is Susiloningtyas SSiT MKeb. Selain dilakukan pemeriksaan Hb juga dilakukan transfer IPTEK kepada ibu bersalin tersebut untuk meminum tablet Fe secara rutin selama masa nifas untuk mencegah terjadinya anemia.
Masih menurut Sri Wahyuni perdarahan post partum merupakan salah satu penyebab angka kematian ibu tertinggi di Indonesia. Sehingga perlu dilakukan upaya deteksi sedini mungkin bagi ibu bersalin di praktik mandiri bidan. Hal ini dikarenakan 85 persen persalinan di Indonesia ditolong oleh bidan. Menurut Profil Kesehatan Indonesia tahun 2014 empat penyebab kematian ibu terbesar yaitu perdarahan 30,3%, hipertensi dalam kehamilan (HDK) 27,1%, infeksi 7,3%, dan lain-lain yaitu penyebab kematian ibu tidak langsung seperti kondisi penyakit kanker, ginjal, jantung atau penyakit lain yang diderita ibu sebesar 35,3% . Untuk mendeteksi adanya perdarahan post partum tersebut perlu dilakukan deteksi dini perdarahan post partum yang salah satunya dengan melakukan pengecekan Hb pada saat bersalin.
Mahasiswa juga dilibatkan dalam pengabdian masyarakat ini dengan memberikan pentingnya minum tablet fe setelah melahirkan. Cara meminum tablet fe yang baik seharusnya tidak menggunakan air teh, kopi , maupun susu karena dapat mengganggu penyerapan zat besi (fe) dalam tubuh. Sehingga lebih baik diminum menggunakan air putih atau air jeruk. tie